Minggu, 14 November 2021

Jurnal Refleksi Minggu ke 4

Jurnal Refleksi Minggu ke 4 dalam mengikuti Program Guru Penggerak 

Ani Amimah

CGP Angkatan 4 Kota Semarang

Model 4F

Fact 

(Senin, 8 November 2021 : Pukul 20.00 WIB)

Belajar bersama deng fasilitator dan CGP di kelas 078 dalam kolaborasi nilai dan peran guru penggerak modul 1.2.a.5 dalam forum umum CGP  berdiskusi terkait penugasan presentasi dan kemudian diarahkan menuju forum kelompok yang membahas lebih detail tentang nilai dan peran guru penggerak dan implementasi di sekolah berkolaborasi dengan teman sejawat sungguh menyenangkan berbagi ilmu

(Rabu, 10 November 2021: Pukul 13.00 WIB) 

Ruang Kolaborasi Presentasi Nilai dan Peran Guru Penggerak

Presentasi dan kolaborasi masing-masing kelompok dalam membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak didalam pembelajaran dan sekolah

(Kamis, 11 November 2021 : Pukul  00.30 WIB)

Ruang kolaborasi unggah tugas nilai dan peran guru penggerak . Yang telah dipresentasikan kelompok yang telah disempurnakan dari hasil diskusi bersama kelompok lain

(Jumat,12 November 2021 : Pukul 01.15 WIB)

Refleksi terbimbing nilai dan peran guru penggerak . Tentang nilai dan peran yang ada  yaitu mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif dan berpusat pada murid serta bagaimana menguatkan peran seorang guru penggerak.

( Ahad, 14 November 2021 : Pukul 14.00 WIB)

Demonstrasi Kontekstual nilai dan peran guru penggerak dalam karya komik. Dengan karya komik memahamkan saya tentang modul ini. 

Feeling

1. Bahagia lebih memahami hakikat nilai dan peran guru penggerak

2. Semangat bisa saling berbagi dan menguatkan antar CGP dan fasilitator

3. Percaya diri dalam menyampaikan pendapat, berinteraksi dengan peserta lain

Findings

Hal yang saya temukan dalam minggu ini adalah nilai-nilai seorang guru penggerak diantaranya: mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif, dan berpusat pada murid. Kemudian peran seorang guru penggerak adalah : menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid.

Future

Selanjutnya saya akan tingkatkan nilai dan peran guru penggerak terutama nilai kolaborasi . Berkolaborasi dengan pendekatan secara persuasif pada teman sejawat untuk menciptakan pembelajaran berpusat murid. Berkolaborasi dengan siswa dan wali murid dalam observasi bakat minat serta meningkatkan kompetensi diri dalam pembelajaran berbasis teknologi. dan melaksanakan refleksi memaknai mengevaluasi segala kegiatan dan pengembangan yang telah dilakukan



                                                        




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Modul 3.3 ( Pengelolaan Program yang berdampak pada murid)

Artikel berikut ini merupakan aksi nyata saya dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid saya mengambil program yang saya beri judu...