Sabtu, 11 Desember 2021

Jurnal Refleksi Mingguan

Jurnal Refleksi Minggu ke 8

Ani Amimah

CGP Angkatan 4 Kota Semarang


Model 4F

Facts (Peristiwa)

Selasa, 7 desember 2021

Mendapatkan kabar kalau semua tugas yang ada di LMS untuk segera di download, karena akan dilakukan pengalihan fasilitator, sehingga jika terjadi sesuatu yang di inginkan peserta CGP sudah memiliki file-filenya. Siang hari segera saya mendownload tugas-tugas yang ada di LMS, dan rencana saya lanjutkan di waktu malam hari, ternyata malam hari LMS sudah terkunci (terrestart) dan tidak bisa didownload. Kemudian saya mengunggah ulang semua tugas modul 1.3, Alhamdulillah bisa terselesaikan. 

Rabu, 8 desember 2021

Mulai membuka modul 1.4 tentang mulai dari diri- budaya positif, disini mengupas tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep budaya dan lingkungan positif di sekolah. Kami para CGP mendapatkan tugas saling berkomunikasi di kolom jawaban. Alhamdulillah saya berusaha untuk membaca dan memahami semua materinya dan belajar untuk berdiskusi sampai malam sekitar pukul 23.30.

Kamis, 9 desember 2021

Di hari kamis saya membuka kembali LMS dan melengkapi tugas saling berdiskusi dan memberi tanggapan ke peserta lainnya.

Jumat, 10 desember 2021

Pertama kalinya saya masuk room yang fasilitatornya Bapak M. Ali Mas'ud, beliau begitu ramah, sabar, membimbing saya, begitu juga teman-teman CGP dan PP , mereka menerima saya dengan begitu baik, Alhamdulillah sekali.

Fellings (Perasaan)

Perasaan saya saat di minta untuk mendownload sudah gundah , bingung tetapi tetap harus saya laksanakan dengan penuh kesabaran, karena kesabaran dan do'a memohon kepada Allah adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Saat masuk room belajar bersama dengan teman CGP kelompok yang fasilitatornya Bapa M. Ali Mas'ud dan pengajar praktiknya Bapa Nur Rakhmat, hati terasa bahagia, karena beliau berdua dan teman CGP sangat  terbuka dan sangat baik. 

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya dapatkan di Modul 1.4.a.3 adalah cara menciptakan suasana yang positif dan berpihak kepada murid, menerapkan disiplin pada murid dan harapan saya yaang terkait menciptakan budaya positif yaitu dengan menerapkan budaya positif di sekolah dan masyarakat. Sedangkan di modul 1.4.a.4 adalah eksplorasi konsep budaya positif yang berisi tentang perubahan paradigma teori kontrol, untuk membangun sekolah yang positif diperlukan lingkungan yang positif dan terdapat 3 motivasi perilaku manusia. Untuk menegakkan kedisiplinan bukan peraturan yang dibutuhkan melainkan keyakinan yang di bentuk secara bersama. Kemudian kebutuhan dasar manusia terdapat lima jenis.Sedangkan untuk menegakkan disiplin siswa di butuhkan 5 jenis posisi kontrol , dimana posisi kontrol harus meliputi segitiga restitusi (menstabilkan identitas, memvalidasi tindakan yang salah dan menanyakan keyakinan).

Future (Penerapan)

Semoga setelah belajar berliterasi, berdiskusi lewat sinkronus maupun asinkronus saya bisa menerapkan budaya positif di sekolah dengan menerapkan lingkungan yang positif , memiliki keyakinan yang dibentuk secara bersama, dan bisa menegakkan kedisiplinan dengan menggunakan 5 jenis posisi kontrol yang bersegitiga restitusi.

 

2 komentar:

Aksi Nyata Modul 3.3 ( Pengelolaan Program yang berdampak pada murid)

Artikel berikut ini merupakan aksi nyata saya dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid saya mengambil program yang saya beri judu...