Senin, 18 April 2022

Refleksi Terbimbing Modul 3.1.

 

 

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.1

Ani Amimah

CGP Angkatan 4 Kota Semarang

 

 

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.

Dari delapan pertanyaan yang ada, pilihlah minimal empat pertanyaan sebagai bahan refleksi Anda.

1.     Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?

Terdapat 4 paradigma dilema etika yaitu 

·        Individulawan masyarakat (individu vs community)

·        Rasakeadilan lawan rasa kasihan (Justice vs mercy)

·        Kebenaranlawan kesetiaan (truth vs loyalty)

·        Jangkapendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

Terdapat tiga prinsip yang seringkalimembantu  dalam menghadapi pilihan-pilihan yang penuh tantangan, yangharus dihadapi pada dunia saat ini. (Kidder, 2009, hal 144). Ketiga prinsiptersebut adalah:

1.     BerpikirBerbasis Hasil Akhir (Ends-BasedThinking)

2.     BerpikirBerbasis Peraturan (Rule-BasedThinking)

3.    BerpikirBerbasis Rasa Peduli (Care-BasedThinking)

 

Dan untuk memandu kita dalam mengambil keputusan dan menguji keputusan yang akan diambil dalam situasi dilema etika ataupun bujukan moral yang membingungkan, ada 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan yaitu 

·        Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan

·        Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini

·        Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

·        Pengujian benar atau salah

·        Pengujian Paradigma Benar lawan Benar.

·        Melakukan Prinsip Resolusi

·        Investigasi Opsi Trilema

·        Buat Keputusan

·        Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan

Hal yang di luar dugaan saya adalah bahwa dalam mengambil keputusan sebaiknya menggunakan langkah pengujian paradigma benar atau salah yaitu dengan menggunakan uji legal, uji regulasi uji intuisi, uji publikasi dan uji panutan.

2.   Tuliskan pengalaman Anda dalam menggunakan ketiga materi tersebut dalam proses   Anda mengambil keputusan dalam situasi dilema etika yang Anda hadapi selama ini.  Anda dapat juga menulis tentang sebuah situasi dilema etika yang dihadapi oleh orang lain serta keputusan yang diambil. Berilah ulasan berdasarkan 3 materi yang telah Anda pelajari di modul ini.

Sewaktu kepala sekolah memberikan instruksi kepada seluruh guru untuk menaikkan nilai atau membuat nilai bagus bagi seluruh siswa, membuat diri saya terkejut dan merasa tidak nyaman, karena saya masih menggunakan emosi saya pribadi tanpa memperhitungkan efek jangka panjang siswa.Waktu itu saya memutuskan untuk tetap memberikan penilaian apa adanya (yaitu sesuai dengan hasil karya siswa). Hal ini merupakan dilema etika individu lawan masyarakat dan jangka pendek lawan jangka panjang. Kemudian saya merenungkan dan berpikir dengan berbasis rasa peduli dan hasil akhir, maka saya memberikan keputusan untuk menaikkan nilai siswa tersebut dengan cara memberikan remidi /perbaikan kepada siswa yang belum memenuhi. Beserta 9 langkah pengambilan keputusan, 

·        nilaiyang saling bertentangan adalah nilai kasih sayang, toleransi dan tanggung jawab,  

·        yangterlibat adalah siswa beserta guru, 

·        faktayang relevan adalah guru harus menaikkan nilai sesuai anjuran kepala sekolah sedangkan terdapat siswa yang belum mampu, 

·   Pengujian benar salah dengan uji intuisi yaitu hal ini merupakan tindakan yang berlawanan dengan nilai kebenaran yang saya yakini, jika tidak saya naikkan membuat siswa bisa tidak masuk ke sekolah yang siswa inginkan, dan jika saya naikkan saya melanggar rasa keadilan , meskipun yang saya lakukan itu benar. 

·   Pengujian paradigma benar lawan benar adalah individu lawan masyarakat, jangka pendek lawan jangka panjang 

·    Prinsip Resolusi yang muncul adalah berpikir berbasis hasil akhir dan berpikir berbasis rasa peduli

·        Investasi Opsi Trilema yaitu saya menaikkan nilai dengan menggunakan syarat yaitu bagi siswa yang belum tercukupi nilainya dengan memberikan remidi 

·        Buat Keputusan  yaitu menaikkan nilai

·        Lihat lagi keputusan dan refleksikan yaitu dengan menaikkan nilai semoga bisa membantu siswa tersebut lebih baik lagi. 

3.   Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam situasi moral dilema? Kalau pernah, apa bedanya dengan apa yang Anda pelajari di modul ini?

Pernah saya lakukan, hanya waktu itu saya masih mengutamakan rasa ego emosional yang ada dalam diri saya, sehingga keputusan yang saya ambil merupakan keputusan yang mengedepankan emosi sesaat. 

Pada modul ini memberikan pelajaran bagi saya bahwa dalam mengambil keputusan sebaiknya memperhatikan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan

4.   Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?

Setelah saya mempelajari modul ini , wawasan saya menjadi terbuka sehingga dalam memutuskan sebuah kasus perlu memperhatikan paradigma, prinsip-prinsip serta memperhatikan langkahnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Modul 3.3 ( Pengelolaan Program yang berdampak pada murid)

Artikel berikut ini merupakan aksi nyata saya dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid saya mengambil program yang saya beri judu...