Selasa, 05 April 2022

Koneksi Antar Materi Modul 2.3.a.9 - Coaching

Peran seorang coach di sekolah dan kaitannya dengan materi sebelumnya di Modul 2 yakni Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Emosi dan Sosial.

    Salah satu cara untuk meningkatkan potensi dan kemampuan murid adalah dengan mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran yang dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan belajar murid berdasarkan minat, profil dan kesiapan belajar. 

Proses coaching dapat berjalan dengan mengoptimalkan peranan sosial emosional sehingga setiap murid mampu menyelesaikan setiap masalah dengan potensi dan kemampuannya sendiri pada dasarnya mereka akan mampu hidup bebas dan merdeka menentukan jalan hidupnya sesuai kekuatan dan potensinya masing-masing

Guru sebagai coach akan selalu berupaya untuk menggali kebutuhan belajar murid dengan mendesain proses pembelajaran yang mampu memaksimalkan segala potensi yang dimiliki murid. Selain itu secara sosial emosional segala potensi murid dapat berkembang secara maksimal


Coaching yang dilakukan oleh coach kepada coachee membutuhkan 4 keterampilan yaitu

  1. Keterampilan membangun dasar proses kucing

  2. Keterampilan membangun hubungan baik

  3. Keterampilan berkomunikasi

  4. Keterampilan memfasilitasi pembelajaran

Dalam proses coaching juga ada salah satu model yang biasa digunakan oleh coach yaitu model TIRTA yang meliputi langkah-langkah 

  • tujuan utama pertemuan atau pembicaraan 

  • identifikasi masalah coachee 

  • rencana aksi coachee

  • tanggung jawab 

Dalam aksi aspek berkomunikasi untuk mendukung praktik coaching antara lain komunikasi asertif menjadi, pendengar yang aktif bertanya,  reflektif dan memberikan umpan balik positif


Refleksi dari pemahaman atas keseluruhan materi Modul 2.3 bagaimana keterampilan coaching dapat membantu profesi Anda sebagai guru dalam menjalankan pendidikan yang berpihak pada murid


  • coaching adalah salah satu bentuk usaha yang dilakukan guru untuk menuntun segala potensi murid untuk hidup sesuai kodrat yang dimilikinya

  • coaching menjadikan murid dapat hidup sebagai individu dan bagian masyarakat yang mampu menggali dan memaksimalkan segala potensi yang dimilikinya untuk menyelesaikan masalahnya sendiri

  • Coaching dapat menuntun murid untuk berkesadaran penuh menjadi kemerdekaan belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Modul 3.3 ( Pengelolaan Program yang berdampak pada murid)

Artikel berikut ini merupakan aksi nyata saya dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid saya mengambil program yang saya beri judu...