Senin, 06 Desember 2021

Modul 1.1

 Modul 1.1 

Tugas 1.1.a.3 

Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) merupakan sebuah pemikiran tentang pendidikan dan pengajaran yang berpihak kepada siswa dan mengutamakan pembelajaran yang memerdekan siswanya. Beliau menginginkan siswanya memiliki dasar tertib dan damai, tata tenteram dan kelangsungan kehidupan batin, kecintaan pada tanah air menjadi prioritas. Karena ketetapan pikiran dan batin itulah yang akan menentukan kualitas seseorang. Untuk memajukan pertumbuhan budi pekerti , pikiran meruapakn satu keasatuan yang tidak dapat dipisahkan , yaitu kehidupan yang selaras dengan perkembangan dunia tanpa meninggalkan jiwa kebangsaan. Seorang pendidik  harus mengetahui dan mengutamakan  karakter anak didiknya, tidak boleh ada paksaan sedikitpun. Di dalam melaksanakan pembelajaran siswa di ajak dengan bermain sehingga siswa menjadi krasan dan tidak merasa tertekan. Pelajaranpun akan mudah masuk dan mengena. Sehingga siswa menjadi betah berlama-lama di sekolah.

Sedangkan pendidikan sekarang ini melahirkan seorang yang individualis tak peduli dengan masyarakat sekitar terbukti banyak sekali kalangan muda yang sudah tidak mengenal lagi gotong royong, mereka lebih mengedepankan mencari uang ketimbang melaksanakan gotong royong. Mereka lebih memilih membayar orang untuk mengerjakan segala sesuatunya ketimbang terjun langsung ( ikut berkumpul) dan bergotong royong. Padahal dari sebuah gotong royong akan melahirkan sebuah pribadi yang  santun dan peduli terhadap tanah air Indonesia tercinta ini.  Faktor keluarga juga sangat mempengaruhi atas perkembangan seorang anak, Orang tua yang ogah-ogahan dalam mendidik anaknya untuk mengikuti segala kegiatan sosial akan berdampak pada rapuhnya dalam mencintai tanah air tercinta ini.

Pembelajaran yang saya lakukan selama ini alhamdulillah sebagian besar sudah mengacu pada pembelajaran Ki Hajar Dewantara, Saya sering mengajak anak untuk melaksanakan pembelajaran di luar kelas dan berdiskusi secara berkelompok dengan anggota kelompok yang menentukan adalah saya. Dan pemantapan yang sering saya lakukan kepada anak didik adalah meminta setiap anak untuk mencari sebuah permasalahan yang ada di sekitar mereka kemudian mencoba untuk menyelesaikannya. Mereka saya minta untuk berkomunikasi dengan warga sekitarnya. Selain itu saya juga sering memberikan pembelajaran dengan melalui sebuah permainan seperti permainan ular tangga.

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara 

            ( berbentuk audio)


1.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi - Unggah Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD



1.1.a.6 Refleksi terbimbing presentasi kerangka filosofis merdeka belajar


Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapatkan setelah mempelajari secara mendalam pemikiran KHD adalah Pendidikan yang didasarkan pada kodrat alam dan kodrat zaman,

Kodrat alam di ibaratkan sebagai petani , dan petani hanya bisa merawat dan memelihara tanaman agar tumbuh dengan baik, tetapi tidak bisa merubah kodrat tanaman itu sendiri misalnya padi yang kita tanam tidak akan berubah menjadi jagung. Pendidikan tidak boleh dimaknai sebagai paksaan.

Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru adalah Saya berusaha mengikuti perkembangan ilmu teknologi di bidang pendidikan, saya senang mengajak anak untuk berdiskusi secara klasikal, dan Alhamdulillah saya menguasai aplikasi pembelajaran dan berusaha menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran , Kerana inovasi dalam mengembangkan metode pembelajaran menjadi sangat menarik di zaman sekarang.

Hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru adalah konsisten dalam menerapkan ilmu dan saya harus berani memulai hal yang baru mencoba berbagai metode dan selalu bersikap terbuka dengan perkembangan yang ada.

Perubahan kongkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran KHD adalah mengevaluasi diri terkait pembelajaran yang saya lakukan agar menjadi teladan bagi peserta didik. lebih mengembangkan karakter di setiap proses pembelajaran ( percaya diri, ,jujur, berani dan bertanggung jawab) serta mengajak peserta didik untuk lebih komunikatif.





1.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya





1.1.a.8. Elaborasi Pemahaman - Konferensi ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara’ oleh Perguruan Taman Siswa dan sekolah lain yang sudah menerapkan Merdeka Belajar


( menyimak instruktur)



1.1.a.9 Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Modul 3.3 ( Pengelolaan Program yang berdampak pada murid)

Artikel berikut ini merupakan aksi nyata saya dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid saya mengambil program yang saya beri judu...